Monday 28 May 2018

Bedah Plastik Koreksi Kelopak Mata


BEDAH PLASTIK




KOREKSI KELOPAK MATA



Disusun Oleh:
1.            Khasanah Eka Yanuari             (5402414006)
2.            Salma Rosy Diana A.P.            (5402414015)
3.            Amelia Himatul Chasannah        (5402414020)

Dosen Pengampu : 
Dr. Eny Widhia Agustin
Prodi : Pendidikan Tata Kecantikan


JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2015
KATA PENGANTAR



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

            Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin.

            Makalah yang kami beri judul “Koreksi Kelopak Mata” ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Penyusunan makalah ini tidak lepas dari bantuan, pengarahan, dan dorongan dari berbagai pihak. Oleh karena itu kami ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membimbing dan membina kami dengan baik sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik pula.

            Makalah ini kami buat atas dasar pengetahuan dan kemampuan yang kami miliki. Juga berdasarkan atas perkembangan teknologi yang kami jadikan referensi.

Semoga amal budi baik semua pihak yang diberikan kepada kami mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT. Kami menyadari bahwa penulisan makalah ini masih belum sempurna. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



                                                                                                            Semarang, 29 September 2015

           

                                                                                                                               Penulis







DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR ...............................................................................................            1

DAFTAR ISI .............................................................................................................            2



BAB 1             PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang .............................................................................            3

B.     Rumusan Masalah..........................................................................            3

C.     Tujuan ..........................................................................................            3

BAB 2             PEMBAHASAN

A.     Pengertian Bedah Plastik ...............................................................            4

B.     Macam-Macam Koreksi Kelopak Mata .......................................            6

C.     Tindakan Koreksi Kelopak Mata ..................................................            9

D.     Persiapan dan Perawatan Koreksi Kelopak Mata .........................           12

BAB 3             PENUTUP

A.     Kesimpulan ..................................................................................           13

B.     Saran ...........................................................................................           13



DAFTAR PUSTAKA  ...............................................................................................           14









BAB I

PENDAHULUAN



A.     Latar Belakang

Mata merupakan bagian yang sering dipandang penting oleh sebagain besar manusia. Mata dapat menggambarkan suasana hati yang sedang dialami oleh sang pemilik mata. Selain itu mata merupakan daya tarik yang ampuh seseorang. Oleh karena itu, banyak orang menjaga maupun rela mengubah bentuk mata yang tadinya kurang proporsional supaya lebih terlihat proporsional. Kini mengubah bentuk mata dapat dilakukan dengan teknik operasi yang kini dianggap biasa oleh sebagian orang. Oleh karena itu, pada makalah ini akan dibahas tentang koreksi kelopak mata bagian atas maupun kelopak mata bagian bawah sebagai pengetahuan bagi orang-orang yang ingin melakukan koreksi terhadap mata.



B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :

1.      Apa yang dimaksud dengan bedah plastik ?

2.      Apa saja macam dari koreksi kelopak mata ?

3.      Bagaimana tindakan koreksi kelopak mata ?

4.      Bagaimana persiapan dan perawatan koreksi kelopak mata ?



C.     Tujuan

Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut :

1.      Mengetahui pengertian dari bedah plastik.

2.      Mengetahui macam-macam koreksi kelopak mata.

3.      Mengetahui tindakan koreksi kelopak mata.

4.      Mengetahui persiapan dan perawatan koreksi kelopak mata.





BAB II

PEMBAHASAN



A.     Pengertian Bedah Plastik

Bedah plastik adalah suatu cabang ilmu kedokteran yang bertujuan untuk merekonstruksi atau memperbaiki bagian tubuh manusia melalui operasi kedokteran. Bedah plastik, berasal dari bahasa Yunani, yaitu “plastikos” yang berarti “membentuk” atau “memberi bentuk”. Ilmu ini sendiri merupakan cabang dari ilmu bedah yang bertujuan untuk mengembalikan bentuk dan fungsi yang normal dan “menyempurnakan” bentuk dengan proporsi yang “lebih baik”. Jenis bedah plastik secara umum dibagi dua jenis: pembedahan untuk rekonstruksi dan pembedahan untuk kosmetik ( Estetik ). Yang membedakan operasi Rekonstruksi dan Estetik adalah dari tujuan prosedur pembedahan itu sendiri. Pada operasi rekonstruksi diusahakan mengembalikan bentuk/penampilan serta fungsi menjadi lebih baik atau lebih manusiawi setidaknya mendekati kondisi normal. Pada operasi estetik, pembedahan dilakukan pada pasien-pasien normal (sehat), namun menurut norma bentuk tubuh kurang harmonik (misalnya, hidung pesek), maka diharapkan melalui operasi bedah plastik estetik didapatkan bentuk tubuh yang mendekati sempurna.

Yang perlu dipahami mengenai bedah plastik, adalah bukan permainan sulap, tindakan pembedahan sendiri didasarkan ilmu pengetahuan kedokteran khususnya mengenai luka dan proses penyembuhan yang berjalan alami. Penyembuhan luka dapat berlangsung sampai 12 bulan, dengan akan meninggalkan bekas luka, disinilah peran bedah plastik, dalam upaya menyembunyikan bekas luka sayatan atau meninggalkan bekas luka yang samar.
Bedah plastik biasanya memang bertujuan untuk mempercantik atau memperbaiki satu bagian didalam anggota badan, baik yang nampak atau tidak, dengan cara ditambah, dikurangi atau dibuang, sehingga anggota tubuh tampak lebih indah, dan ini disebut "operasi yang disengaja". Namun, selain untuk kecantikan, bedah plastik juga dilakukan untuk tujuan kesehatan. Misalnya pada kasus tertentu, ada orang yang mengalami luka bakar atau kena air keras, sehingga ada bagian tubuhnya yang rusak. Maka untuk memperbaiki kerusakan ini, dianjurkan melakukan bedah plastik, yang dikenal dengan "operasi tanpa ada unsur kesengajaan".

Mata adalah jendela jiwa kita. Ungkapan ini sering terdengar, sehingga tidak heran begitu banyak orang yang mendambakan penampilan yang amat indah. Keinginan memiliki lipatan kelopak mata yang cantik adalah hal yang sering disampaikan oleh klien kepada dokter bedah plastik di Asia. Tidak hanya klien wanita, klien pria pun seringkali menyampaikan keinginan serupa. Selain alasan untuk mempercantik bentuk lipatan kelopak mata. Alasan lain yang sering disampaikan adalah tidak adanya lipatan kelopak mata pada golongan etnisoriental. Bedah plastik kelopak mata dibagi menjadi dua yaitu estetik dan rekrontruksi kelopak mata.

BEDAH ESTETIK KELOPAK MATA

Kelopak mata estetik atau operasi mata plastic adalah bentuk operasi kosmetik yang meningkatkan penampilan daerah sekitar mata dengan membuang kelebihan kulit dan lemak yang membuat muka tampak lelah dan tua. Kemajuan teknologi dan teknik dalam dekade terakhir berarti bahwa sekarang, operasi mata kosmetik membutuhkan operasi kurang invasive, hasil lebih baik dan memerlukan waktu pemulihan lebih pendek.
Operasi kelopak mata estetik juga berurusan dengan pembuatan lipatan kelopak mata pada mata Asia.

Ketika seseorang menua, kulit menipis dan kehilangan elastisitasnya, membuatnya meregang, melentur dan mengendur isinya. Kulit di sekitar mata khususnya halus dan efek penuaan kelihatan lebih tampak. Operasi kelopak mata estetik bekerja untuk membalik tanda penuaan ini dan membantu mengembalikan penampilan muda dengan mengurangi atau menghilangkan tanda lentur di sekitar mata dan dahi. Dengan keahlian mengerti struktur mata dan wajah, ahli bedah mata plastik di SNEC dapat menangani mata dan wajah sebagai satu kesatuan untuk meningkatkan penampilan kelopak mata sekaligus sekeliling struktur muka. Prosedur mata plastic estetik umum termasuk: kelopak mata invasif minimal atau sayatan kecil, dahi, dan operasi peremajaan periorbital.



BEDAH REKONSTRUKSI

Selain bedah kosmetik, ada lagi bedah plastik mata yang dinamakan bedah rekonstruksi. Fungsinya memperbaiki kelainan-kelainan yang ada pada kelopak mata, tulang-tulang rongga mata dan sistem saluran air mata. Inilah beberapa kelainan yang dapat diperbaiki melalui bedah rekonstruksi:

1.      Kelainan karena trauma atau cedera.

Misalnya, robekan pada kelopak mata. Kelopak mata berfungsi melindungi bola mata. Bila bola mata tidak tertutup, maka mudah mengalami infeksi yang bisa menyebabkan kebutaan.

2.      Kelainan karena cedera tulang-tulang rongga mata.

Jika tidak diperbaiki menyebabkan bola mata masuk ke dalam (cekung) maupun menonjol keluar (cembung). Sebaiknya cedera ini diperbaiki dalam waktu tidak lebih dari 2 minggu setelah cedera.

3.      Kelainan bawaan, seperti

-         Ptosis yakni kelopak mata yang tidak dapat membuka.

-         Masuknya bulu mata kelopak bawah ke dalam bola mata.

-         Tidak terbukanya saluran air mata.

4.      Tumor kelopak atau tumor di belakang bola mata.

5.      Kelainan karena proses penuaan, seperti

v  Entropion yakni kelopak mata bawah melengkung ke dalam sehingga bulu mata menusuk-nusuk dan memperkeruh bola mata. Umumnya terjadi pada orang-orang tua, karena otot-otot kelopak sudah longgar.

6.      Infeksi seperti mata berair dengan pembengkakan pada pangkal hidung.



B.     Macam-macam Koreksi Kelopak Mata

Karena tujuannya mempercantik mata yang sebetulnya normal, maka tindakan bedah plastik ini disebut juga bedah kosmetik atau operasi blefaroplasti. Tindakan ini mampu menyempurnakan kelopak mata atau meninggikan alis mata yang turun. Umumnya terbagi menjadi dua:

1.      Blefaroplasti kelopak atas

·        Membuat lipatan kelopak atas bagi yang tidak memiliki lipatan pada kelopaknya. Dilakukan dengan teknik jahitan saja yaitu dengan membuat perlekatan antara jaringan kelopak bagian depan dengan bagian dalam. Banyaknya sekitar 1 atau 3 jahitan tanpa dilakukan penyayatan. Bila kulit agak longgar, harus dilakukan penyayatan. Lipatan kelopak dengan sayatan atau incisi umumnya lebih tahan lama dibandingkan dengan teknik jahitan saja karena jahitan memiliki kemungkinan lepas.

·        Membuang lemak yang berlebihan pada kelopak yang gembung.

·        Membuang sebagian kulit yang sudah longgar yang umumnya terjadi pada orang-orang di atas umur 40 tahun.

Perbaikan ptosis (Koreksi kelopak mata murung)


Beberapa pasien memiliki kelopak mata atas murung, yang mengakibatkan mata mereka tidak mampu terbuka sepenuhnya. Hal ini menyebabkan penampilan terlihat lelah dan mengantuk, dengan mata yang terlihat kecil. Seringkali, lipatan kelopak mata atas dibentuk dengan kurang baik atau tidak ada, dan ada alur tinggi di area kelopak mata atas. Ini adalah suatu kondisi medis yang dikenal sebagai ptosis kelopak mata bagian atas, dan banyak ditemui pada orang yang memiliki mata alami yang kecil. Ini disebabkan karena adanya cacat struktural pada mekanisme bukaan mata dari kelopak mata atas yang berhubungan dengan otot levator yang bertanggung jawab untuk menarik kelopak mata atas ke atas ketika kita membuka mata.

Untuk mengoreksi kondisi ini, perlu memperbaiki kompleks otot levator yang longgar di kelopak mata atas yang bertanggung jawab untuk membuat mata terbuka. Ini akan memperbesar mata dalam dimensi vertikal, dan memungkinkan mata untuk membuka lebih besar. Operasi ini, dikenal sebagai perbaikan ptosis, membutuhkan insisi dibuat di kelopak mata atas untuk mendapatkan kelebihan struktur yang terkena dampak. Hal ini menjadikannya prosedur terbuka, seperti blefaroplasti atas terbuka. Insisi dibuat di sepanjang garis lipatan baru yang direncanakan untuk kelopak mata atas. Setiap kelebihan kulit dan lemak, jika ada, akan dihilangkan. Perbaikan otot selesai. Lipatan kelopak mata ganda baru dibuat, dan insisi kulit ditutup dengan cermat.

Perbaikan ptosis adalah operasi 3 jam yang kompleks dan menuntut yang dilakukan di bawah pembiusan lokal sebagai operasi bedah sehari. Perlu diperhatikan bahwa ini mencakup operasi kelopak mata ganda dan penghilangan kelebihan kulit dan lemak bila diperlukan. Maka ini adalah prosedur all-in-one yang menangani semua masalah yang relevan di kelopak mata atas dan dapat secara dramatis meningkatkan penampilan mata dengan menciptakan penampilan mata yang cerah dan tajam dengan kelopak mata atas terlihat muda, alami dengan lipatan kelopak mata ganda.

Masa pemulihan perbaikan ptosis mirip dengan masa pemulihan untuk jahitan blefaroplasti atas, sekitar 10 hari.

2.      Blefaroplasti kelopak bawah

·        Membuang lemak yang membuat penampilan kelopak bawah seperti kantong yang menggembung.

Operasi kantung mata (lower blepharoplasty)

Prinsip mengencangkan kantung mata atau lipatan kelopak bawah mata adalah mengurangi kulit dan lemak bawah kulit yang berlebih, mengeratkan (reduksi) otot bingkai mata, serta mengurangi tarsus (jaringan rawan kelopak mata). 

Meskipun detil teknik operasi tidak serumit operasi kelopak atas mata, tetap saja kecermatan dan ketepatan harus diperhatikan dengan seksama. Hal yang penting diperhatikan adalah jumlah jaringan lemak yang dibuang, serta berapa kelebihan kulit sisa yang boleh dibuang. Jika kedua hal tersebut tidak diperhatikan dengan seksama, tampilan kelopak bawah mata dapat menjadi aneh. Kelopak bawah mata dapat menjadi melekuk cekung, dan/atau tepi kelopak bawah mata tertarik ke bawah menimbulkan bukaan mata yang lebih lebar dan seram.

Seperti juga operasi kelopak atas mata, luka sayatan akan ditutup dengan teknik jahitan di dalam kulit sehingga memberikan kenyamanan dan tidak memberi tanda/bekas. Dalam 7 hari setelah prosedur operasi, saat kekuatan pertautan jaringan dan kematangan penyembuhan luka sudah mencapai 80%, jahitan dapat dilepaskan.



C.      Tindakan Koreksi Kelopak Mata

Types of non-incision methods

Metode tanpa-sayatan umumnya dikenal sebagai 'metode mencubit”. Namun, ada beberapa aplikasi yang berbeda dari metode bedah. Tiap metode memperhitungkan bentuk mata yang unik individu dan disesuaikan dengan individu.


Simple non-incision method
Ketebalan kelopak mata: sangat tipis
garis kelopak mata ganda: natural
Metode ini hanya memiliki satu atau dua jahitan, jahitan lebih sedikit dari metode non-sayatan lainnya. Jadi bisa mengikat mudah dibandingkan dengan metode lain, kami merekomendasikan metode ini kepada pasien yang memiliki kelopak mata terlalu tipis atau ingin mendapatkan kelopak mata ganda alami.

Multi stitch non-incision method(3 sutures)
Ketebalan kelopak mata: sangat tipis
garis kelopak mata ganda: natural
Metode ini adalah cara non-sayatan yang tertua. Dengan cara ini memiliki sekitar 3 jahitan yang memiliki jahitan tunggal sendiri

Multi stitch non-incision method(5 sutures)
Ketebalan kelopak mata: tipis
garis kelopak mata ganda: mungkin untuk disesuaikan
Metode ini populer dan banyak orang lebih memilih cara ini. Operasi ini begitu sederhana dan pembengkakan cepat reda. Garis kelopak mata ganda sederhana dan halus, terutama benang jahit jarang keluar

Natural adhesive method
Ketebalan kelopak mata: tipis
garis kelopak mata ganda: tebal
Ketegasan jahitan dan adhesi kulit membuat garis mata ganda tebal dan mendalam sehingga baik bagi orang yang ingin mendapatkan kelopak mata ganda yang indah

D. 

Simple non-incision
Non-incision
(natural adhesion)
Incision
Applicable case
Kelopak mata sangat tipis
Hampir semua tipe kelopak mata
Setiap tipe kelopak mata
Results
Terlihat alami
Terlihat jelas dan natural
Terlihat jelas namun dapat terlihat seperti buatan
Maintenance period
Kemungkinan kecil diperlukan
Kemungkinan kecil di perlukan
Small chance of coming undone
Scarring
Hampir tidak ada
Hampir tidak ada
Tergantung jenis kulit







D.    Persiapan dan Perawatan Operasi

v  Persiapan praoperasi

Tidak ada persiapan khusus menjelang operasi kelopak mata jika klien memilih pembiusan setempat (sadar, tidak tidur). Jika klien memilih pembiusan umum (tidur), biasanya dokter ahli bius akan memintakan pemeriksaan darah praoperasi. Bila klien berusia diatas 40 tahun, doketer bedah plastic akan menganjurkan klien untuk memeriksakan kondisi kesehatan jantung dan paru-parunya terlebih dahulu.

Untuk kepentingan penyembuhan luka dan hasil akhir yang baik, klien disarankan untuk tidak merokok dan minum alcohol 3  minggu sebelum dan sesudah operasi. Operasinya sendiri memakan waktu 1-2 jam atau sekitar 3 jam bila dikerjakan sekaligus kelopak atas dan bawah mata.



v  Pascaoperasi dan penyembuhan

 Klien biasanya akan mengalami bengkak dan biru-biru hebat selama kurang lebih 1 minggu pasca operasi disekitar mata, dahi (pada operasi kelopak mata atas) dan pipi (pada operasi kelopak mata bawah). Tampilan ini berangsur-angsur hilang setelah minggu ke-2. Setelah minggu ke-2 biasanya klien akan merasa seperti tertarik-tarik, dan sensasi ini akan berangsur-angsur reda sampai 1 bulan pascaoperasi. Klien boleh make up setelah 2 minggu pascaoperasi untuk menyamarkan bengkak dan warna biru. Hasil akhir kelopak mata yang baru akan terlihat baik dan terasa nyaman setelah 2 bulan pascaoperasi.











BAB III

PENUTUP



A.     Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Bedah plastik adalah suatu cabang ilmu kedokteran yang bertujuan untuk merekonstruksi atau memperbaiki bagian tubuh manusia melalui operasi kedokteran. Bedah plastik, berasal dari bahasa Yunani, yaitu “plastikos” yang berarti “membentuk” atau “memberi bentuk”. Ilmu ini sendiri merupakan cabang dari ilmu bedah yang bertujuan untuk mengembalikan bentuk dan fungsi yang normal dan “menyempurnakan” bentuk dengan proporsi yang “lebih baik”. Jenis bedah plastik secara umum dibagi dua jenis: pembedahan untuk rekonstruksi dan pembedahan untuk kosmetik ( Estetik ).

























DAFTAR PUSTAKA



Strategi pembelajaran dalam http://tugasbidan2008.blogspot.co.id/2008/12/makalah-bedah-plastik-beserta-hukum.html diunduh pada Rabu, 30 September 2015 pukul 19.49

Strategi pembelajaran dalam http://wonjinindonesia.blogspot.co.id/2015/01/operasi-koreksi-ptosis-vs-lipatan.html diiunduh pada Kamis, 1 Oktober 2015 pukul 19.13

Strategi pembelajaran dalam http://aprilya.com/tips-koreksi-bentuk-mata diunduh pada Kamis, 1 Oktober 2015 pukul 19.20

Strategi pembelajaran dalam http://www.gadis.co.id/cantik/koreksi+mata+%E2%80%9Cturun%E2%80%9D diunduh pada Kamis, 1 Oktober 2015 pukul 19.25

Strategi pembelajaran dalam http://tabloidnova.com/Kesehatan/Wanita/Ingin-Koreksi-Mata diunduh pada Kamis, 1 Oktober 2015 pukul 19.38

Strategi pembelajaran dalam http://www.bedah-plastik.com/upperlids.htm diunduh pada Jumat, 9 Oktober 2015 pukul 07.17

Strategi pembelajaran dalam http://www.snec.com.sg/about/international/menuutama/kondisimataandperawatan/Pages/Aesthetic_Eyelid_Surgery.aspx diunduh pada Jumat, 9 Oktober 2015 pukul 07.40










Share:

0 comments:

Post a Comment

Advertise